macam macam tipologi

Macam-macam Tipologi Kepribadian

Tipologi Hipocrates-Galenus
  • Koleris : Hidup penuh dengan semangat, keras, hati emosi mudah terbakar, daya juang besar, dan selalu optimis.
  • Melankholis : Mudah kecewa, daya juang kecil, mudah marah, dan selalu pesimis.
  • Flegmatis : Tidak suka terburu-buru, kalem, tenang, tidak mudah dipengaruhi, dan setia.
  • Sanguis : Hidup mudah berganti-ganti, tak tetap pendirian, dan ramah.


Tipologi Tempramen Sheldon
  • Viscorotonia : Selalu tenang atau rileks, suka hiburan, gemar makan, tidur nyenyak, jika ada masalah dia selalu tergantung kepada orang lain dalam menyelesaikan masalah. Dia kurang mandiri dan tidak percaya diri atas kemampuannya.
  • Somatonia : Sikap gagah, perkasa, energik, suka terus terang, suara lantang, kebutuhan untuk bergerak sangat banyak, terlihat dewasa dari usia sebenarnya dan jika ada masalah sering melakukan gerakan-gerakan.
  • Cerebotania : Sikap kurang gagah, ragu-ragu, reaksinya cepat, kurang bergaul (sosiofobia), tidak berani bicara di depan orang banyak, tetap hidup teratur, suara kurang bebas, sukar tidurm tampak lebih muda dari usia yang sebenarnya, bila menghadapi masalah dia lebih senang mengasingkan diri.


Tipologi Tempramen Kant
  • Sanguitis : Selalu penuh harapan, segala sesuatu selalu dianggap penting, selalu menjanjikan namun jarang ditetapinya karena kurang dipikirkan, senang menolong orang lain tetapi sifatnya sementara, peramah, periang, sukar bertobat, dan mudah bosan terhadap pekerjaan atau hiburan.
  • Melankolis : Segala sesuatu dianggap penting terutama yang berhubungan dengan dirinya sehingga sering muncul syakwasangka dan bimbang. Perhatiannya selalu pada hal-hal kesukaran dan keluhan. Tidak mudah membuat janji, namun selalu menetapinya. Tidak mudah percaya dan tidak mudah menerima keramah-tamahan. Kurang senang melihat kesenangan orang.
  • Koleris : Lekas terbakar emosinya, namun mudah juga mereda atau tenang tanpa membenci. Tindakannya selalu cepat tetapi tak konstan. Selalu sibuk dan senang memerintah orang daripada mengerjakannya. Senang dipuji orang secara terang-terangan, gila hormat, sikap semu, dan formal. Suka bermurah hati dan melindungi orang lain, namun bukan karena dia sayang kepada orang lain, akan tetapi lebih teruju pada kasih sayang diri sendiri. Ini dilakukannya agar dia dipuji dan mendapatkan penghargaan dari orang lain. Dia cermat dan suka mengenakan pakaian rapi agar dia terlihat lebih intelek.
  • Flegmatis : Cenderung kurang kepekaan, tidak mudah bergerak, tidak mudah marah, tenang, sabar, teliti, dan sangat cocok untuk pekerjaan yang bersifat ilmiah.


Tipologi Kepribadian Eysenck
  • Introver : Kecenderungan menunjukkan depresi dan ketakutan dan diikuti dengan obsesi curiga, mudah tersinggung, apatis, saraf otonomi yang labih, gampang terluka, mudah gugup, rendah diri, mudah melamun, sukar tidur. Biasanya tingkat inteligensi yang dimiliki mereka adalah relatif tinggi dengan jumlah kosakata yang relatif banyak dan baik. Dia selalu bersikap tetap pada pendirian dan terkadang keras kepala, kaku, interpersonal variabelitas yang kecil, kurang suka pada lelucon terlebih pada lelucon seks.
  • Ekstrover : Cenderung mengembangkan gejala-gejala histeria, sedikit energis, perhatian sempit, prestasi kerja kurang baik, hipokondria, kosakata yang relatif sedikit, gagap, mudah kena kecelakaan, selalu sakit-sakitan. Biasanya taraf inteligensinya relatif rendah dan selalu bekerja cepat dan terburu-buru sehingga hasil kerja kurang teliti. Taraf prestasinya selalu dinilai dengan berlebih-lebihan, tidak kaku dan interpersonal variabilitas besar.



Sumber : http://my.opera.com/zsephirothz/blog/2011/01/09/macam-macam-tipologi-kepribadian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

macam-macam phobia

CONTOH KASUS KEWARGANEGARAAN ANAK YANG LAHIR DARI PERKAWINAN CAMPURAN

bagaimana cara melestarikan kebudayaan